Jumat, 30 Januari 2009

Gmail Bisa Digunakan Offline

Raksasa search engine Google semakin memperluas bentangan sayapnya, setelah dikabarkan penghasilan Google meningkat di triwulan terakhir tahun kemarin. Menurut TechCrunch sampai sekarang masalah terbesar dari Gmail adalah Anda tidak dapat mengakses email ketika Anda offline dan hari ini semua itu akan berubah. Perubahan yang telah dinanti-nantikan oleh pengguna Gmail di seluruh dunia tentunya.
Hari ini Gmail akhirnya bisa dilihat secara offline. Setelah melalui riset dan pengembangan yang cukup panjang, akhir Google Gears keluar dari kandangnya Google Labs dan peluncuran Google Gears akan selesai dalam akhir minggu ini.
Setelah memasang Plugins Google Gears di browser Anda, Gmail akan mendeteksi secara otomatis ketika Anda offline. Google akan menyimpan sementara email Anda, dan Anda bisa membaca, merespon, mencari, memberi tanda bintang, atau memberi label. Ketika Anda terhubung lagi ke jaringan internet, Google Gears akan mengirim semua pesan tersebut. Bahkan Anda juga bisa membuka sisipan pada email Anda. Ini yang pastinya telah dilakukan oleh Gmail pada ponsel Android yang mendukung Google Gears. Dan faktanya, berdasarkan laporan singkat Manajer Produk, Todd Jackson hari ini
“Sync Engine yang mendasari Android dan Gmail Offline adalah sama persis” terangnya.
Meskipun beberapa fitur tidak bekerja. Semua yang membutuhkan koneksi Internet seperti Spellcheck tidak dapat bekerja secara offline. Dan sementara, Anda hanya bisa membuka sisipan saja tetapi tidak bisa menambahkan sisipan, namun demikian fitur tersebut akan ditambahkan segera.

Tidak ada komentar: